Pages

Subscribe:

Labels

Tuesday, March 15, 2011

MEMBUAT STORYBOARD DAN STORYBOARD ANIMATIC

1.      STORYBOARD
Setelah membuat screenplay, bagian terpenting lainnya adalah membuat Storyboard. Story board memberikan kehidupan bagi script yang merupakan kata-kata dalam cerita mengenai bagaimana sebuah cerita akan berjalan dan mudah dipahami.

Format storyboard bisa bermacam-macam. Sebuah format yang sistematis dapat disinkronkan dengan Dope Sheet yang terdiri dari tiga kolom, yaitu satu kolom untuk Note dan Direction, satu kolom untuk gambar, dan satu kolom untuk dialogue. Namun, ada juga pendekatan storyboard yang menggunakan format gambar yang sederhana pada setiap key frame..........

2.      STORYBOARD ANIMATIC
Atau yang disebut juga storyteel ini digunakan untuk mengetahui pewaktuan secara realtime. Dalam proses digitalisasi, alat yang digunakan berupa kamera video atau digital atau scanner.

Storyteel merupakan prototipe sebelum cerita yang asli dibuat untuk memastikan bahwa cerita sudah sesuai dan waktunya sudah tepat. Proses animatic bisa dilakukan menggunakan komputer dengan software aditing seperti adobe premiere adau adobe after effect.

Sumber: Buku "Merancang Film Kartun Kelas Dunia" karya M. Suyanto & Aryanto Yuniawan. 

0 comments:

Post a Comment

Jangan sia-siakan form komentar ini hanya untuk dipandangi saja. Tinggalkan jejak Anda.
Terima kasih atas komentarnya.

ttd,

Oktavian Andriyanto